Sunday 4 January 2009

Prosedur Tes Ke Kapal pesiar (click disini)


Berikut ini akan saya paparkan bagaimana proses persiapan hingga proses tes serta tips-tips penting agar bisa lolos ke kapal pesiar khususnya dibidang pekerjaan Bartender/ Bar boy / Bar utility / Bar waiter. Tentunya anda berpendidikan minimal DI/DII/DII perhotelan dengan pengalaman minimal 6 bulan di Restoran/Bar/Hotel yg bertaraf pelayanan Internasional (international service). Dan termasuk pengalaman training dengan bukti sertificate. 



Dalam persiapan utama yang paling penting adalah anda mempunyai kemampuan dalam bahasa Inggris secara aktif. Jika tidak, jangan coba-coba saya yakin dan percaya maka dalam waktu 5 detik anda akan di usir dari ruang interview!, hee.. maka persiapkanlah bahasa inggris anda dengan baik. Oce!

Faktor penting kedua adalah Finansial (duit), walaupun ada beberapa agen Tidak meminta biaya penempatan (placement fees), akan tetapi uang tentu akan selalu dibutuhkan. Jika anda tidak berdomisili di Jakarta maka tentunya anda butuh dana untuk biaya hidup sehari-hari di Jakarta, kost, transportasi, melangkapi dokumen dan berkas-berkas, dll. Ingat tak ada yang gratis di dunia ini bro.. He..he..

Faktor kesehatan, dalam hal ini setidaknya anda mengetahui/merasa bahwa anda benar-benar sehatbaik rohani maupun jasmani. Karena banyak pelamar gagal akibat factor penyakit menular seeperti: HIV, TB, Hepatitis, dan penyakit menular lainnya.

Terkadang, beberapa kapal pesiar juga menentukan standar tinggi badan.  Umumnya untuk Pria sekitar 163cm, Wanita 160cm. (tergantung kebijakan manajemen).

I. PERSIAPAN BERKAS TES KE KAPAL PESIAR
Jika kamu baru selesai melaksanakan study / baru lulus yakni min DI/II/III,IV Pariwisata, dan berdomisili di luar Jakarta dan berniat langsung mengikuti tes kapal pesiar, kamu tidak usah terlalu banyak mempersiapkan document seperti BST (basic safety training), CCM (crowed and Crisis Management), SCRB, Passport, Seaman Book, dll. Karena jika kamu tidak lulus, dan tidak naik selamanya, maka kamu akan rugi biaya karena telah mengurus semua documen tersebut.

Namun jika kamu ingin mempersiapkannya terlebih dahulu semua document tersebut, sah-sah saja, bagusnya kamu tak perlu lagi repot-repot mengurusnya di Jakarta, akan tetapi resikonya jika kamu tidak lulus selamanya, maka kamu rugi dana dalam pengurusannya. Jadi pilihlah opsi mana yg terbaik menurut kamu..  

Adapun berkas sederhana yang perlu dilengkapi antara lain:

Surat lamaran kerja (bisa diketik komputer)
C.V. (curriculum vitae) / biodata
Foto copy akta kelahiran
Foto copy ijazah terakhir
Foto copy transkrip nilai
Foto copy sertifikat pengalaman kerja/training
Foto copy KTP yang masih berlaku
Pas photo ukuran 4x6 = 2 lembar, berwarna, latar belakang biru langit, baju putih dasi hitam, tidak berjenggot/kumis, tidak ber-tindik/anting, rambut pendek(tdk gondrong)
Amplop/Map coklat sebagai penyimpan
tuliskan nama agen yang melakukan perekrutan.di bagian luarnya
(ini merupakan salah satu penilaian, walaupun hanya hal sederhana)
 Tips:
-Jika kamu berdomisili diluar Jakarta, baiknya tidak usah mengurus SKCK (police clearance) di kota/daerah domisilimu, karena SKCK (police clearances) yang diminta umumnya SKCK keluaran domisili Jakarta. Syarat mendapatkan SKCK Jakarta yakni harus memiliki KTP & KK (kartu keluarga)/ family card daerah Jakarta. Dan biasanya biaya pembuatan KTP&KK yakni sebesar Rp. 300.000. SKCK Harus berbahasa Inggris, dapat diurus di Maber polri, dgn mengurus SKCK dari wilayah setempat sebagai pengantar ke Mabes Polri.

-Untuk kelengkapan document seperti BST, CCM, SCRB, PASSPORT, SEAMAN BOOK, dll, biasanya diwajibkan melengkapi apabila semua tes telah dianggap lulus. Umumnya setelah menyelasaikan Medical Check-up. 

II. TIPS PERSIAPAN INTERVIEW KE KAPAL PESIAR
Sesuai dengan pengalaman pribadi saya, dan latar belakang pendidikan saya adalah Perhotelan, khususnya menjurus ke F&B Service & saya sangat senang dengan pelajaran Bar/minuman, serta didukung pengalaman Training di Hotel Berbintang di Bali&pengalaman kerja sebagai BarBoy, Bartender, Asst Opr. Manager di salah satu pub, maka saya memutuskan melamar sebagai bartender di kapal pesiar. Dalam hal ini pihak pe-rekrut tentunya menanyakan banyak hal yang berkaitan dengan bidang pekerjaan dan pengetahuan minuman. Berikut beberapa hal yang perlu kamu pelajari/persiapan yang harus dilakukan antara lain:

1.  Pelajari prosedur Bar opening/preparation & cara membersihkan bar yang standar dengan menggunakan standar “three bucket system” yaitu menggunakan wet towel with soap/any chemical, dry towel & Dry towel with sanitizing (sanitasi), sebelum menata minuman/displaying.

2. Pahami tentang penggolongan minuman terutama merek-merek minuman serta termasuK jenis apa minuman tersebut (brandy, liquor, liqueurs, vodka, gin, rum, dll), bias dilihat detailnya disini 

3.Pahami tentang pengetahuan famous international cocktail, seperti Manhattan, Margarita, Bloody marry, long island, dll (pahami gelas yang digunakan, garnitureS, ingredients/tak perlu sampe ukuran OZ-nya). Selengkapnya click disini 

4.Pahami jenis-jenis gelas, dan fungsinya. Dua jenis gelas yakni gelas berkaki (steamed glass) & Gelas tak berkaki (Un-steamed  glass), ketahuilah yang mana saja gelas yang termasuk kedua penggolongan tersebut.

5.  Pelajari tentang prosedur closing the bar, yakni tetap menggunakan “three bucket system” dengan urutan Wash, Rinse, Sanitize
  • Wash (mencuci)   : Red Bucket, red towel, Soap and Hot water.
  • Rinse (membilas) : Yellow Bucket, yellow towel, Hot natural water (tanpa chemical)
  • Sanitize (sanitasi): Green bucket, green towel, 1 tablet of chlorine  
Sistem ini merupakan standar yang umum digunakan di setiap kapal pesiar yang wajib menerapkan USPH (United States Public Health)


13 komentar:

Unknown said...

Thanks bgt bro atas informasinya, it's so useful for me....

Unknown said...

Thanks bgt bro atas informasinya, it's so useful for me....

Anonymous said...

sama2 bro.. smga bisa membantu..

agoes..

Anonymous said...

hi salam kenal....

info nya bagus banget....
tapi boleh minta info alamat pengurusan BST n seaman book ngga?

thanks banget sebelumnya ya.....

have a nice day

Anonymous said...

Bagus sekali keterangan nya terima kasih banyak


www.roy-business.co.nr

Anonymous said...

Untuk urus BST bisa di STIP JKT, MKSAR, Banyak koq..

bagusx di sekolah pelayaran, lebih terjamin aslix..

sama2..
agus_divka@yahoo.com
(Facebook aku)

Anonymous said...

thank's banget bro infonya,,very helpfull....

Monang Marbun said...

Thanks, infonya..

Tambahan bagi hotelier, mau lebih lanjut mengenai manajemen hotel bisa lihat kesini http://manajemenhotel.blogspot.com/

Cheers,

Anonymous said...

thanks bgt ya info ny, aku cwek n aku pnya cta2 mw krja di kapal pesiar tp aku berkacamata boleh gx yaa?

Anonymous said...

Bisa, hnya sj kadang ssh lolosnya kl pake kc mata, kcuali km bsa lepas kc matanya pd saat krja..
Thkyu, AgoesAlit/admint

kapalpesiar99@yahoo.com said...

yupie..yg mau tau info lebih lanjuut juga bisa hubungi saya..kapalpesiar99@yahoo.com...

Anonymous said...

infonya bagus. tapi ada beberapa teman saya pake kaca mata juga bisa di terima. saya punya teman dari tahun 2007 sampe sekarang sudah ada 70 an sudah masuk di kapal pesiar eropa dan amerika.

Agusalit/admint said...

Thanks all
please visi my new sites:
http://cruiselinejob.weebly.com/index.html

This about cruise ship compant&More LEGAL recruitment agens in Indonesia..

Thanks..
Agusalit/admint

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles